Jadilah Ibu Hamil Berkelas - SEGI DWI

Jadilah Ibu Hamil Berkelas

By Dwi Aryn - Tuesday, September 11, 2018



Barusan BW ke tetangga sebelah yang kebetulan lagi hamil besar, beliau semangat banget ikut kelas ini itu dan seminar ini-itu tentang kehamilan hingga persiapan persalinan tentunya. Banyak banget lah yang bisa dipelajari kalau ikut kegiatan seperti itu.

Kami yang di desa perbatasan Malaysia ini ga boleh kalah dong dengan yang di Kota-kota besar. Dengan sejumlah bantuan operasional dari pemerintah, kami bisa membuat  program seperti Kelas Ibu Hamil dan Senam Ibu Hamil tanpa memungut biaya ke peserta di wilayah kerja Puskesmas Paloh, Sambas, Kalimantan Barat.

Jumlah peserta yang hadir kadang ramai bisa sampai 12 tapi pernah juga dihadiri oleh dua orang saja hehe. Meskipun animo dan jumlah peserta yang hadir di tiap desa berbeda-beda, setidaknya masih ada ibu hamil yang sadar akan pentingnya ilmu yang kami sampaikan dalam kelas Ibu Hamil.

Kelas ibu hamil saya rasa perlu sekali diadakan apalagi di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan, karena mereka yang berada didaerah yang sulit dijangkau ini beberapa diantaranya memiliki latar pendidikan yang tidak sampai SMA bahkan ada pula yang masih buta huruf. Terbukti ketika saya meminta beliau untuk membacakan tulisan dalam buku KIA berwarna pink dan masih terbata-bata.



Kegiatannya macam-macam mulai dari pretest, penjelasan materi, tanya jawab, postest, bahkan kadang kami dari program KIA bekerja sama dengan bagian Laboratorium. Sehingga bumil bisa mengontrol kembali kadar Hb dalam darahnya. Sekali lagi ini gratis loh! 



Makanya kadang sayang banget kalo ada bumil yang ngga dateng ke kegiatan ini. Alesannya apa? "Ke Ume (Ladang/Sawah)".  Tapi ada juga yang romantis bin harmonis, berangkat dianter suami bahkan selama kelas bumil si bapak ikut ngedengerin materi dari luar ruangan. Awawaw.

Memang sih jarak desa paling jauh ke Puskesmas ada yang sampai empat jam perjalanan dengan menggunakan tranport perairan alias perahu motor. Dari Puskesmas pun sudah mengupayakan untuk turun langsung ke Desa, jadi kelas Ibu hamil gak melulu di Puskesmas. dengan alasan kemanusaan dan asuhan sayang ibu gak jarang kelas ibu hamil diadakan di Poskesdes, Polindes, Pustu, Posyandu, hingga Balai Desa.



Melalui kelas ibu hamil ini lah, kita bisa leluasa berdiskusi dan tanya jawab dengan para ibu hamil mengenai pengalaman hamilnya, kemungkinan resiko yang terjadi selama kehamilan hingga persalinan, bahkan mengenai perencanaan persalinan. Bila ada bumil yang tidak mampu segera kita catat data dan dibuatkan BPJS yang mana pihak Puskesmas harus bekerja sama lintas sektoral dengan pemerintah Desa.

Nah... Untuk ibu hamil di luar sana, jangan sia-sia kan ya kelas Ibu Hamilnya. Di sini kita bisa konsultasi langsung sama ibu Bidan dan juga berbagi tips pengalaman dengan peserta kelas ibu hamil lainnya yang sayang untuk dilewatkan. 

Salam Sehat Se-nusantara~



  • Share:

You Might Also Like

1 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

1 Komentar

  1. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete