Tips Menangani Mencret pada Kelinci Hamil - SEGI DWI

Tips Menangani Mencret pada Kelinci Hamil

By Dwi Aryn - Thursday, June 04, 2015

Dua hari yang lalu pagi-pagi sekali seperti biasa ke halaman belakang dengan bertelanjang kaki. Dan yuck! Gak sengaja telapak kakiku sebelah kanan bagian pinggir nginjek hasil sisa zat metabolisme yang berupa cepirit.  -____-

Langsung aja deh nyari penanganan diare pada kelinci di google sampai akhirnya kecantol di blognya K'Widi Rabitry, dalam artikel berjudul Tips Menangani Kelinci Mencret

Berikut ini adalah tips menangani kelinci mencret berdasarkan tips dari K'Widy yang sudah aku sabotase menjadi sedemikian hinga hingga, sesuai penanganan yang sudah aku terapin ke Elby


1. KARANTINA
Untuk meminimalisir terjadinya penularan, tanpa ba-bi-bu langsung aja aku pisahin Elby dari teman-temannya.
Agar kelinci tetap sehat, jaga kebersihan kandang, ventilasi udara dan usahakan kena sinar matahari p​agi agar bakteri atau jamur tidak bisa ​berkembang biak. Satu hal yang tidak kalah penting hindari ke​linci kena angin secara langsu​ng apalagi angin sewaktu hujan​. usahakan kandang tertutup rapi​ Mulai sekarang Siapkan obat me​ncret khusus kelinci agar anda tenang karena mencret adalah p​enyakit yang paling sering terjadi pada kelinci - K'Widy Rabitry

2. RABBIT HYGIENE
Oke prinsip kandang bersih memang penting, tapi yang gak kalah penting dari kebersihan kandang adalah kebersihan hewan itu sendiri. Setelah melihat bagian anus Elby ternyata mencretnya udah lumayan parah. Banyak kotoran yang nempel di bagian ekor dan anusnya. Inisiatif kurebuskan air hangat untuk nyebokin si Elby.*maknyus*

3. TERAPI ORAL
Menurut K' Widi kita bisa menggunakan dua macam teknik pengobatan melalui mulut, bisa pake obat atau pake ramuan herbal. Baiklah... Pertama mari kita cobain yang alami-alami aja dulu.

✿ Daun Pepaya - Pahit
Pernah makan kulupan daun pepaya? Pahit kan? Mungkin Elby juga merasakan hal yang sama, makanya dia juga ga doyan. Awalnya dikasih daun pepaya muda, dicium aja enggak apalagi dikunyah. Terus aku coba kasih dau pepaya yang udah agak tua yang warnanya kekuningan, ternyata dia mau makan tapi sedikit banget, abis itu udah. Dia gak mau makan lagi tuh. 

✿ Daun Pisang
Di sini aku hampir putus asa ngeliat doi udah gak nafsu makan. Udah disodorin tapi ternyata dia juga gak mau makan daun pisangnya. Padahal Elby ini termasuk kelinci paling nggragas lah. :'(


✿ Hay

Kalau di sekitar rumah kalian gak ada bahan alami seperti di atas, pastinya ada Hay doong. Yup kamu bisa kasihin boleh Hay Alfalfa atau Timothy yang kandungannya udah jelas baik buat kelinci.

✿ Jamu Mencret
Masih dengan bahan herbalnya, aku juga punya stok jamu herbal yang diproduksi breeder lokal. Awalnya gak terlalu worth it buat kucingku. Tapi ternyata lumayan manjur juga loh buat pengobatan kelinci, dosisnya 0,1 ml per berat badan. Ada di petunjuknya kok.

Alhamdulillah sore harinya kotoran Elby udah gak encer lagi dan udah membentuk walaupun belum jadi srintil :D. Dan pemberian antibiotika langsung dihentikan sore itu juga.

Sekian Tips Penanganan Diare/Mencret Pada Kelinci Hamil
Wassalam~





  • Share:

You Might Also Like

6 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

6 Komentar

  1. Eh, monyetku kemarin juga diare gara-gara makan Dulcolax 2 biji. Dianya muntah dan berak. Huhu..,. diterapi air gula. Syukur, 1-2 hari sembuh. Awalnya lemes banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ebusyet dulcolax 2 biji ndy?
      Over dosis itu mah -___-
      Haha udah oke tuh terapinya,
      air gula kan biar dianya gak lemes (y)

      Delete
  2. Oow ternyata kelinci bisa diare juga. Saya ada rencana mau pelihara juga, dibookmark nih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mak, justru penyakit diare yg lebih sering jadi penyebab kematian para kelinci :(
      Ayo mak pelihara kelinci jugaa :3

      Delete
  3. Informatif banget! ^^ Di rumah saya nggak punya binatang peliharaan sih, tapi jadi tahu kalau kelinci juga bisa diare gitu. Saya suka kelinci tapi nggak telaten :3

    Syukurlah si Elby udah sembuh yaa... :D Bisa loncat2 lagi deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih udah sembuh dianya sekarang lagi sibuk ngegali liang buat beranak :'D
      Nah kalo menurutku ebenernya lebih gampang ngurus kelinci daripada kucing, kelinci mah bisa nyari makan sendiri :D

      Delete