Dismenore: 5 Teknik Meredakan Nyeri Tanpa Obat

By Dwi Aryn - Saturday, June 27, 2015

Hai para gadis lajang, istri bersuami dan ibu beranak pakabar muanya?!
Ga kerasa ini udah puasa yang ke sembilan dan besok udah hari ke sepuluh :')

Mungkin para Palswati sekalian ada yang puasanya masih utuh *kasih keprok*, mungkin juga ada yang udah kepotong di awal puasa kemaren, atau mungkin malah ada yang lagi bolong puasanya karena lagi diapelin tamu bulanan. 

Tamu bulanan? Ya siapa lagi kalo bukan si 'emens binti darahan'. Tamu yang kalo dateng bikin paleng, bawaannya emosi pengen marah melulu, semprot sana semprot sini. Bener-bener tamu yang gak biasa, kalo dateng cuman mampir aja mah gak papa, lah ini dateng-dateng meninggalkan nyeri di hati #duhmalahbaper



Mungkin para palswati ada yang mengalami nyeri yang terasa di perut bagian bawah, menyebar ke daerah pinggang dan paha, tapi cuman pas (sebelum, selama atau setelah) haid etapi kebanyakan di awal-awal masa haid sih. Nah nyeri yang kayak begitu itu lah yang dinamain Dismenore.

Kalo aku sih dari awal emens emang gak pernah dikasi rejeki berupa Dismenore sama Allah, eh tapi pernah ding dua kali kena dismenore pas masih di asrama dulu. Waktu itu juga bingung ini sakit maag apa dismenore? Mau dibilang dismenore tapi kok gak pernah ngalamin dismenore, mau dibilang maag tapi kok sakitnya di laen tempat (perut bawah). Soalnya kan sakit perut itu ada banyak macem diagnosanya. Tapi karena daerah nyerinya di sekitaran bawah perut, kesimpulan pun makin diyakini kalo itu memang dismenore T_T

Temen-temen udah pada antusias nyodorin Asam Mefenamat (obat pereda nyeri), tapi aku tolak pake gelengan. Heuheuheu aku kan paling 'nanti' kalo di suruh minum obat. Bukannya gak suka obat, tapi aku punya moto "Kalo dengan istirahat cukup & minum air putih yang banyak bisa sembuh, yaudah gausah minum obat"*jangan ditiru ya nakanak* :D

Nah berikut ini ada lima teknik mengurangi nyeri perut saat haid ala Daridan ^^

1. Kompres Air Hangat
Kompres perut bagian bawah dengan air hangat, tujuannya supaya otot-otot dan sarafnya menjadi rileks. Selain air hangat bisa juga dengan mengoleskan balsem atau minyak kayu putih, sesuai selera masing-masing lah yaa. Lebih enak lagi kalo mandinya pake aer anget (y)

2. Relaksasi Nafas
Selain relaksasi saraf, untuk meredakan nyeri saat haid kita juga perlu melakukan relaksasi nafas dengan cara menarik nafas dari hidung lalu mengeluarkannya lewat mulut secara perlahan. 

3. Meringkel aka Knee Chest
Duh bahasa apaan tuh meringkel? Bahasa indonesianya meringkuk kalo gak salah, kalo bahasa medisnya sih knee chest = lutut dada. Jadi  caranya dengan menekuk lutut hingga mendekati dada. Fungsinya untuk melenturkan otot-otot panggul, sehingga peredaran darah menjadi lancar dan menurunkan nyeri.

4. Memijat Punggung Bagian Bawah
Belum pernah neliti cuman pengalaman aja sih, pemijatan pada punggung yang diterapkan saat dismenore ini sebagai bentuk sentuhan dan pergerakan otot sehingga membantu melancarkan peredaran darah di sekitar panggul. Memijat bukan berarti mengurut macam dukun loh ya, tapi memasage semacam ngurut sih tapi lebih pelan lagi.

5. Tidur + Distraksi (Murotal/Instrumen/Musik)
Konon katanya beberapa orang yang galau kalau denger musik tertentu bawaannya berubah jadi tenang. Aku pernah liat ada temenku yang lagi dismenore meringkuk sambil mendengarkan musik keliatannya dia memang lebih tenang dari sebelum dia ngedengerin musik, gak tau juga sih dia ngedengerin musik apaan mungkin KPOP *ntah*. Dia memang jadi tenang, tapi beberapa menit setelah berhenti mendengarkan musik dan mulai ngoceh-ngoceh lagi mendadak perutnya sakitnya lagi. Memang seharusnya kalo udah agak tenangan mending tiduran aja atau malah tidur beneran sekalian aja lah~

Yosh!
Itu lah kelima teknik meredakan nyeri perut saat haid alias dismenore tanpa minum obat. 
Yang kadang juga aku pake kalo maag ku lagi kumat jyhehehe.
Kalo di aku sih manjur, karena sugesti sembuh tanpa minum obatku kuat *mbusungin idung*

Semoga membantu
Semoga lancar puasa
Wassalam!


Dari postingan yang nyungsep di draf dan terlambat dipublikasi :(
#FarydayBarokah
#TipsKesehatanWanita
#Dismenore





  • Share:

You Might Also Like

23 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

23 Komentar

Habis baca jangan lupa tinggalkan komentar ya ;)